Naruto vs Luffy

luffy vs naruto
(naruto vs luffy, img: captrsoko.devianart.com)

Beberapa hari yang lalu sampai sekarang banyak sekali saya menjumpai orang-orang di grup facebook yang membuat postingan berisi gambar “Naruto vs Luffy” kemudian bertanya “menurut kalian siapa yang menang?”  Kurang lebih seperti itu. Yang saya heran kenapa mereka bertanya siapa yang lebih hebat dari dua karakter yang berasal dari dua anime yang berbeda. Di dalam setiap anime kan memiliki karakter atau tokoh-tokohnya masing-masing yang juga memiliki kekuatan yang berbeda, tentunya. Dilihat dari jalan ceritanya saja sudah pasti berbeda pasti kekuatannya juga berbeda. Tapi sekarang saya mau mencoba membuat klasifikasi perbandingan biar mereka mengerti.

[Luffy vs Naruto]

Untuk hal ini kita bisa bagi beberapa klasifikasi.

1. Kecepatan
Dalam hal kecepatan, bisa dikatakan Naruto lebih unggul. Naruto memiliki kecepatan yang sangat cepat. Terbukti dari keberhasilannya yang mampu melewati kecepatan ninja tercepat Raikage keempat dan dia berhasil mengimbangi kecepatan hokage keempat yaitu ayahnya sendiri si yellow flash yang sudah terkenal itu.
Meski Luffy juga cepat (gear second) namun dia masih sering terkena serangan saat dia bertarung dengan gear2nd-nya.

2. Taktik
Dalam urusan bertarung kita pasti memiliki taktik agar bisa menang.
Naruto juga lebih unggul dalam hal ini walaupun dia sering disebut bodoh, tapi dia sangat hebat dalam membuat taktik saat bertarung sehingga bisa memaksimalkan kemampuan bertarungnya. Dengan jurus bayangannya dia bisa menggunakan beberapa taktik serangan dalam pertarunggannya. Kita bisa lihat saat ujian chunnin dimana dia bersembunyi dalam tanah dan berhasil mengalahkan neji dengan tipuan bunshinnya itu.
Berbeda dengan Luffy, dia jarang sekali menggunakan taktik saat bertarung dan hanya mengandalkan semangat dan kekuatan tubuuhnya. Namun dia selalu berfikir saat bertarung dengan memperhatikan lingkungan tempatnya bertarung. Contoh saat dia melawan crocodile di gurun pasir yang panas dan gersang, dia membawa tong besar berisi penuh air.

3. Teknik
Teknik sangat dibutuhkan dalam pertarungan.
Dalam hal teknik saya rasa kedua karakter ini seimbang. Karena keduanya memiliki teknik yang banyak dan bermacam-macam. Keduanya selalu bisa memanfaatkan kekuatan mereka dengan baik dan maksimal.
Teknik rasengan Naruto misalnya, dia berhasil membuat rasengan yang dahsyat dengan cakra Kyubi sehingga menciptakan teknik rasengan yang baru dengan kekuatan jauh lebih hebat.
Sama halnya dengan Luffy. Kemampuan tubuhnya yang seperti karet dia bisa memaksimalkannya dengan gear & kaki hingga keluarlah jurus-jurus hebat seperti Jet-pistol, red-hawk, dll.

4. Daya Tahan
Kedua tokoh utama ini sudah tidak diragukan lagi kalo masalah daya tahan. Dilihat dari setiap pertarungan-pertarungan yang mereka berdua hadapi.
Namun jika di telusuri baik-baik, untuk daya tahan Luffy lebih baik ketimbang Naruto.
Kita bisa lihat dalam setiap pertarungan yang dilakukan oleh Luffy dia selalu bisa bertahan meski sudah di hajar habis-habisan. Luffy memiliki daya tahan yang sangat luar biasa saat melawan Enel yang dimana dia bisa menahan panas dari tongkat besi Enel, juga saat dia terkena racun kepala penjara imple down. Dia ternyata masih bisa hidup dan beratahan.
keungulan daya tahan naruto adalah terletak pada cakra dimana dia memiliki kekuatan cakra yang sangat banyak (keturunan uzumaki) ditambah dia juga seorang jinchuuriki Kyubi yang memberinya cakra sangat banyak.
Namun dalam fisik Luffy lebih baik.

5. Kekuatan Penghancur
Kemampuan penghancur kedua karakter ini tidak diragukan lagi.
Namun untuk hal ini Naruto menang lagi. Kita bisa liat Naruto saat mengeluarkan bom biju Kyubi yang daya hancurnya seperti bom hiroshima-nagasaki atau bom atom.
luffy yang memang bisa merubah tangan atau pun kakinya jadi raksasa (gear3) untuk menghancurkan namun kemampuannya masih terbatas. Bisa dilihat saat di pulau Mermaid, dia berusaha menghancurkan perahu raksasa namun dia kesulitan.
Dalam kemampuan menghancurkan Naruto lebih unggul.

Mungkin dilihat dari beberapa hal di atas, Naruto terlihat lebih unggul dari Luffy. Namun coba kita lihat lebih baik lagi. Naruto dan Luffy sudah jelas-jelas berada di dalam anime yang berbeda, jadi kita tidak bisa menentukan siapa yang lebih hebat. Dalam anime One Piece yang Luffy sebagai karakter utama terlihat sangat hebat dari tokoh lainnya, dan juga dalam anime Naruto yang Naruto sendiri menjadi karakter utamanya juga terlihat sangat hebat dari yang lainnya
Jadi kesimpulannya semua sama-sama hebat.